Kamis, 03 Maret 2011

STRIPBOARD

Papan stripboard merupakan sarana yang handal untuk membuat berbagai rangkaian elektronika. Stripboard sangat berguna apabila anda hendak membuat sebuah rangkaian hanya sekali saja.
Komponen-komponen rangkaian dipasang pada sisi permukaan stripboard yang kosong. Kaki-kaki dan kawat-kawat terminal komponen ditancapkan kelubang-lubang pada papan hingga tembus ke permukaan belakangnya. Kawat-kawat terminal dan kaki-kaki komponen disolderkan ke lempeng-lempeng (strip) tembaga yang terdapat di permukaan belakang papan stripboard.
     Dengan cara ini, kita dapat membuat sebuah rangkaian dengan memanfaatkan strip-strip tembaga  dibagian belakang papan sebagai jalur-jalur konduktor yang menghubungkan berbagai komponen rangkaian. kita dapat juga menggunakan kaawat-kawat tipis untuk menyambungkan suatu strip tembaga dengan strip lainnya.
     oh ya.... terkadang sebuah strip tembaga dipotong secara melintang untuk memisahkannya menjadi dua bagian atau lebih.
     Stripboard memiliki satu keunggulan, yaitu bahwa kita dengan mudah dapat mengadakan berbagai penyesuaian  pada rangkaian, setelah rangkaian selesai dibuat. hal ini membuat stripboard lebih menguntungkan untuk digunakan dalam membangun rangkaian-rangkaian prototipe. Rangkaian prototipe adalah versi paling awal dari suatu rangkaian tertentu, yang telah selesai dirancang namun belum teruji kinerjanya. Setelah pengujian dilakukan rangkaian - rangkaian ini mungkin harus mangalami modifaikasi untuk memperbaiki kinerjanya. sebagai contohnya, kita mungkin akan memutuskan untuk mengubah nilai-nilai beberapa komponennya , atau memperbaiki logika rangkaian. hal ini hampir mustahil dilakukan apabila rangkaian yang bersangkutan dibuat pada papan PCB.   

0 comments:

Posting Komentar