Keterangan :
1. Proses/Processing satu atau beberapa himpunan penugasan yang akan dilaksanakan secara berurutan
2. Input/output data yang akan dibaca dimasukkan kedalam memory komputer dari suatu alat input
3. Terminal berfungsi sebagai awal (berisi"START") dan sebagai akhir (berisi "END") dari suatu proses alur
4. Decision (kotak keputusan) berfungsi untuk memutuskan arah / percabangan yang diambil sesuai dengan kondisi yang dipenuhi, yaitu benar / salah.
5. Subroutine digunakan untuk menjalankan proses suatu bagian (sub program) atau prosedur
6. Preparation digunakan untuk pemberian harga awal
7. Connector / Penghubung digunakan untuk menghubungkan diagram alur yang terputus dimana bagian tersebut masih berada pada halaman yang sama.
8 On page connector untuk menghubungkan sambungan dari bagian flowchart yang terputus dimana sambungannya berada pada halaman lain.
9. Flowline menunjukan bagian arah instruksi yang dijalankan
STRUKTUR FLOWCHART
ada 3 jenis struktur Flowchart, yaitu
1. Struktur sequence / sederhana
- Dimana diagram yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas kebawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan
2. struktur Branching
- Diagram yang alurnya terjadi / terdapat alih kontrol berupa percabangan
- Flowchart dengan struktur percabangan arah panah kesamping digunakan untuk menyeleksi kondisi dan menentukan pilihan proses selanjutnya. misalnya, flowchart dari algoritma menentukan apakah bilangan yang kita input berupa ganjil atau genap.
- adapun contoh diagramnya sebagai berikut.
- flowchart dengan struktur perulangan arah panah kesamping digunakan untuk mengulangi langkah-langkah sebelumnya samapai suatu kondisi terpenuhi.
- berikut contoh diagramnya :
andyscevorz
0 comments:
Posting Komentar