Sabtu, 16 April 2011

Looping - while

while

Instruksi while adalah instruksi untuk melakukan proses pengulangan yang pemeriksaan syarat perulangannya dilakukan pada awal proses. Instruksi while umumnya digunakan untuk melakukan proses pengulangan yang frekuensi pengulangannya belum diketahui pada saat proses pengulangan dimulai. Secara umum pola dari instruksi while yaitu seperti berikut :

While
(expression) statement ;


Expression berupa ekspresi Boolean yang berfungsi sebagai control pengulangan. Selama hasil evaluasi ekspresi ini memberikan nilai bukan nol maka statement dikerjakan berulang kali. Alur logika instruksi while dapat anda lihat pada gambar berikut :

Adapun urutan untuk mengerjakan instruksi while adalah sebagai berikut :

  1. Expression dievaluasi
  2. Jika hasil evaluasi expression bernilai bukan nol maka

    Statement dikerjakan

    Ulangi langkah1 dan 2

Sedangkan jika bernilai nol maka proses selesai


Jadi statement akan dikerjakan berulang kali selama hasil evaluasi expression memberikan jilai bukan nol. Statement dapat berupa satu instruksi tunggal atau block statement, yaitu sejumlah instruksi yang diungkap oleh {}. Karena expression dievaluasi terlebih dahulu sebelum statement dikerjakan, maka ada kemungkinan statement tidak dikerjakan satu kalipun. Jika kita ingin agar statement dikerjakan minimal satu kali dan menggunakan instruksi while, makapada awal proses kita harus memastikan bahwa expression memberikan nilai true (bukan nol) saat dievaluasi kali pertama.



Contoh While

# include <studio.h> ######hasil run ######

Int main () { 8

Unsigned n; 8 7 6 5 4


Scanf ("%u" , &n) ;

While (n > 3) {

Printf ("%u ", n) ; ######hasil run ######

n -- ; 0

}

Return 0;

}

0 comments:

Posting Komentar