Kamis, 22 September 2011

Sharing File dan Printer antara Windows 7 dan XP/Vista

Disebuah kantor terdapat 5 ruangan, dan tiap tiap ruangan memiliki sebuah computer l dengan OS yang berbeda (XP/Vista/W7) lengkap dengan printer masing-masing. Suatu ketika pegawai ruangan 1 ingin mencetak dokumen namun Printer di ruangannya rusak dan tak bisa digunakan. Terpaksa ia menuju ruangan pegawai lain untuk meminjam printernya. Setiap pegawai 1 ingin mencetak dokumen maka ia harus menuju ruangan pegawai lain untuk meminjam printer. Cape`deh….. pulang balik Cuma buat minjam printer. Nah Teknologi dikembangkan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Maka dari itu kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara melakukan SHARING FILE DAN PRINTER ANTARA W7 DAN XP/VISTA.

Sharing folder antara computer Windows 7 menggunakan fitur homegroup memang sangatlah mudah. Tetapi fitur homegroup initidak compatible dengan vista atau XP karena itu brother-brother dan sister-sister dapat mengatur dengan cara lain seperti berikut:

  1. Pertama dan yang utama, pastikan semua computer menggunakan nama WORKGROUP yang sama, (default nya = Workgroup)
  2. Di Windows 7, klik control panel à All Control Panel Items à Network and Sharing Center.
  3. Klik pada Change advanced sharing settings

  4. Lalu verifikasi setting di advanced sharing settings untuk profil Home, Work, dan Public.

  5. tetapi jika rekan2 ingin semua user bisa akses public share, maka anda bisa menonaktifkan proteksi password dibagian password protection sharing (masih pada halaman layar yang sama)
  6. jika rekan-rekan tetap mau mengaktifkannya, tetapi pastikan bahwa anda memiliki akun untuk login di computer Windows XP, dan itu harus ada passwordnya.

  7. Nah sekarang ketika anda membuka computer dengan OS Windows 7 kemudian membuka Network, maka Windows XP akan terlihat.
bersambung.... nanti saya lanjutkan, mau kerja tugas kuliah dulu........ :D







0 comments:

Posting Komentar